Laman

Welcome!

Taman Rusa PT. Pupuk Kujang Cikampek

Salah satu orang tua bersama kedua buah hatinya tengah asyik memberi makan rusa.
Kamis, 28 Oktober 2010, sore itu sepulang dari bekerja sambil bersepeda saya meluangkan waktu untuk sekedar jalan-jalan di kawasan PT Pupuk Kujang Cikampek. Setelah memasuki kawasan PT. Pupuk Kujang Cikampek, ada satu hal yang menarik perhatian saya waktu itu yaitu keberadaannya taman rusa di dalam kawasan yang mulai dibangun tanggal 9 Juni 1975 dan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia tanggal 12 Desember 1978 itu. Rusa-rusa tersebut merupakan keturunan dari rusa-rusa yang berada di halaman Istana Bogor.

Taman rusa ini kini menjadi lokasi paling favorit bagi warga Cikampek dan Karawang untuk sekedar menghabiskan waktu hingga senja tiba. Ketika bulan puasa tiba taman rusa ini juga sering dijadikan tempat untuk ngabuburit sambil menunggu waktu berbuka tiba. Setiap sore hari tak sedikit orang tua yang mengajak buah hatinya untuk melihat dan bercengkrama dengan hewan bekulit dan bertanduk indah itu. Bahkan sampai ada yang sengaja membawa sayuran kangkung dari rumahnya untuk sekedar memberi makan rusa-rusa itu.

Menurut informasi dari mulut ke mulut, dulu, pada tahun 1990-an taman rusa ini hanya memiliki dua pasang rusa jantan dan betina. Kala itu
keluarga mantan Presiden Soeharto membawa rusa-rusa tersebut dari Istana Bogor. Dari asal dua pasang itulah, rusa-rusa yang merasa cocok dengan kondisi hutan yang ditumbuhi tanaman keras jenis jati, mahoni dan lainya di halaman depan gedung Direksi PT. Pupuk Kujang tersebut lalu berkembang biak. Dan Sekarang jumlahnya sudah mencapai 90-an ekor.

Untuk menuju ke taman rusa PT. Pupuk Kujang Cikampek, dari depan pintu gerbang PT. Pupuk Kujang Cikampek anda dapat terus mengikuti jalur yang ada ke arah selatan. Ditepi jalan tepatnya di depan gedung Direksi PT. Pupuk Kujang anda akan menemukan papan nama yang bertuliskan: di sini dipelihara rusa dari Istana Bogor. Sekedar informasi bila anda berencana berkunjung ke sana disarankan untuk membawa kendaraan pribadi. Karena di area kawasan PT Pupuk Kujang tidak terdapat angkutan umum. Bagi anda yang tak punya kendaraan pribadi tak usah khawatir juga, anda dapat menggunakan jasa tukang ojeg yang biasa mangkal di depan pintu gerbang yang akan mengantarkan anda ke taman rusa. Namun bila anda ingin lebih menghemat lagi disarankan menggunakan kendaraan sepeda sambil berolahraga seperti yang saya lakukan pada waktu berkunjung ke sana sebulan yang lalu.


0 komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini