Laman

Welcome!

Merajut Nusantara Lewat Jelajah Sepeda

Setelah menyelenggarakan Sepeda Santai (Fun Bike) di Bandung pada tanggal 06 Juni, beberapa hari yang lalu, kini harian Kompas akan menyelenggarakan kegiatan jelajah sepeda Surabaya-Jakarta.

Seperti dimuat laman Kompas (14/06) kegiatan bersepeda ini akan dimulai tanggal 23 Juni dari depan Kompas Gramedia Expo Surabaya dan berakhir di halaman kantor Kompas Gramedia Jakarta, 4 Juli 2010.

Ketua Panitia Jelajah Sepeda HUT Kompas, Tjahja Gunawan Diredja, dalam siaran persnya, Senin (14/6/2010), menyatakan, kegiatan ini tentu saja terkait dengan keinginan bersama untuk mengurangi polusi kendaraan dan kemacetan lalu lintas, terutama di kota-kota besar di Indonesia.

Menurut Gun, demikian sapaan akrab wartawan Kompas itu, total jarak yang akan ditempuh sekitar 1.100 kilometer. Kegiatan ini akan diikuti oleh 30 pesepeda yang terdiri dari pebalap veteran Polygon, perwakilan komunitas sepeda di Jakarta dan sekitarnya, serta perwakilan komunitas sepeda dari Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, dan Surabaya. Pelibatan komunitas dari berbagai daerah ini sesuai dengan tema yang diusung dalam HUT Kompas kali ini, yakni "Merajut Nusantara".

Selain 30 orang yang akan bersepeda secara penuh dari Surabaya ke Jakarta, pihak kepolisian juga akan ikut menyemarakkan acara dengan mengikutsertakan 10 orang yang akan bersepeda secara bergantian di 12 kota yang akan dilintasi tim jelajah sepeda. Tim pesepeda dari kepolisian ikut serta dalam kegiatan ini dalam rangka merayakan HUT Polri ke-64 pada 1 Juli 2010.

Di setiap kota yang dilewati, para komunitas sepeda setempat juga bisa ikut serta untuk bersepeda bersama sampai batas kota masing-masing. Sifat dari kegiatan sepeda ini adalah kekompakan dalam tim dan bukan untuk adu kecepatan satu sama lain.

Sebelum kegiatan jelajah sepeda ini dimulai, perwakilan komunitas sepeda dan karyawan Kompas-Gramedia (KG) telah melakukan latihan bersepeda bareng dan menjalani tes kesehatan yang dilakukan dokter spesialis olah raga, dr Hario Tilarso, dari RS Internasional Bintaro.

Adapun rute jelajah sepeda adalah Kota Surabaya-Malang-Trenggalek-Pacitan-Solo-Yogyakarta-Semarang-Pekalongan-Cirebon-Bandung-Bogor-Jakarta.

Berbarengan dengan kegiatan jelajah sepeda, juga akan diselenggarakan hiburan rakyat, pembagian buku-buku kepada sejumlah perpustakaan yang dikelola masyarakat, dan pelayanan kesehatan untuk masyarakat umum yang diselenggarakan tim dari Dana Kemanusiaan Kompas (DKK) bekerja sama dengan pihak kepolisian.

Selain itu, bertepatan dengan HUT ke-45 Kompas pada Senin (28/6/2010), akan diadakan pagelaran musik jazz yang akan menampilkan konser Threesome (Dewa Bujana, Tohpati, dan Balawan) di Yogyakarta.

0 komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini