Laman

Welcome!

Menyusuri Desa Kamojing

Senin, 21 Juli 2010
Sebenarnya kalau kita telusuri, ternyata di seputaran Cikampek tuh terdapat banyak objek menarik yang dapat kita eksplorasi sambil bersepeda. Salah satunya Situ Kamojing. Cuma terkadang kita tidak pernah menyadarinya. Tadi pagi saya sendiri sebagai warga Cikampek baru sadar akan hal itu, ketika sedang beristirahat di tepian Situ Kamojing tepat di bibir bendungannya sehabis bersepeda mengitari Desa Kamojing.

Sekilas Tentang Situ Kamojing

Situ Kamojing merupakan danau buatan yang berfungsi sebagai daerah resapan di kala musim penghujan, dan ketika musim kemarau Situ Kamojing ini terkadang berubah fungsi menjadi persawahan dengan hamparan padinya.


Situ Kamojing terletak di Desa Kamojing, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Untuk menuju Situ Kamojing dari gerbang tol Cikampek belok kiri jalan terus setelah ± 10 m belok kiri lagi selanjutnya ikuti jalur yang ada. Menurut informasi yang ada Situ Kamojing memiliki luas 62 HA dengan luas yang diairi 12,5 HA. Elevasi air diwaktu banjir bisa mencapai + 49,50, diwaktu normal + 48,60, dan diwaktu minimum + 44,50. Situ  Kamojing mampu menampung air sebanyak 124.000 meter kubik. Terakhir Situ Kamojing ini sempat mengering sekitar bulan Oktober 2009. Sekitar bulan Maret 2010 yang lalu Situ Kamojing sempat meluap karena curah hujan yang tinggi saat itu. Akibat luapan Situ Kamojing ini menyebabkan sebagian kota Cikampek terendam.





Situ Kamojing memiliki dua pintu air yang terletak di sebelah kiri dan kanannya yang berfungsi untuk mengatur debit air dan mendistribusikan airnya kesawah-sawah petani.



Di sebelah timur Situ kamojing terhampar luas hamparan hijau persawahan milik para petani dan rimbunnya Hutan Penelitian Cikampek yang memiliki koleksi berbagai macam jenis pohon dari berbagai Negara.




Setiap sore hari biasanya orang-orang dari seluruh penjuru Kota Cikampek banyak yang datang kesini sekedar buat bersantai atau memancing sambil menghabiskan waktu hingga senja tiba. Situ Kamojing memang tempat yang pas buat kita melepas penat setelah seharian bergulat dengan pekerjaan, karena itu banyak para pekerja selalu meluangkan waktunya dikala pulang kerja datang ke Situ Kamojing untuk melepas kepenatannya. 

0 komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini