Laman

Welcome!

Sentosa XC Race, Purwakarta 18 April 2010

PURWAKARTA, 18 April 2010 Siang itu terik matahari di langit Jatiluhur sudah berada di atas puncaknya. Matahari tak sungkan menunjukkan kegarangan mukanya. Semua orang yang berada di bawahnya seakan ingin ditaklukkannya. Namun hal itu tak mampu menyurutkan empat pembalap dari tim MTB-M Polygon untuk merebut juara kelas Men Elite dalam lomba Sentosa Bike XC Race Jatiluhur 2010 yang berlangsung di bibir Bendungan Jatiluhur Purwakarta. Gelar juara pertama diraih Bandi Sugito yang baru saja bergabung dalam tim MTB-M Polygon. Runner up diraih Chandra Rafsanzani juga dari tim MTB-M Polygon, serta Dadi Nurcahyadi sebagai juara ketiga. Selain ketiga pebalap sekaligus atlet nasional itu, terdapat pula Agus Suherlan yang mampu menempati posisi kelima.

Start kelas men elite dibuka tepat pukul 1 siang dan diikuti lebih dari 9 pebalap. Seluruh peserta wajib menyelesaikan sebanyak 8 laps dengan total jarak sepanjang kurang lebih 35 km. Sejak lepas dari garis start hingga tanjakan pertama, seluruh peserta masih tampak beriringan. Menjelang tanjakan kedua dan terberat, tiga pebalap dukungan Polygon yang terdiri atas Dadi, Bandi, Chandra, berhasil memimpin lomba. Ketiganya tampak bergantian saling melaju terdepan meninggalkan pembalap lain.

Memasuki lap kedua, ketiga pembalap ini semakin memperlebar jarak hingga berselisih sekitar satu menit. Pembalap di rombongan kedua, diisi Agus Suherlan, Arief Rizka, dan Fendi Saputra. Beberapa pebalap di belakang semakin tercecer jauh. Pada lap ke empat, kayuhan trio atlet berjersey merah putih ini tak terbendung lagi hingga mencapai gap lebih dari 6 menit dengan pembalap urutan keempat.

Menjelang final lap, Chandra dan Bandi melakukan break mendadak di area turunan panjang. Sementara, Dadi Nurcahyadi terlambat beberapa detik. Dengan aksinya itu, Chandra dan Bandi langsung melesat dan meninggalkan Dadi dengan gap sekitar 20 detik pada jarak 1 km menuju finish. Duel sprint panjang antara dua pebalap pun terjadi, ketika lomba hanya menyisakan jarak sekitar 200 meter lagi. Dalam tikungan terakhir, Bandi melihat celah lowong di sisi kanan dalam. Hanya sekejap mata, kesempatan menjadi juara beralih dari Chandra ke pundak Bandi. Chandra yang semula sempat unggul seperempat roda harus mengakui timing tepat yang dilakukan Bandi pada 100 meter selepas tikungan terakhir. Meski mengerahkan tenaga kayuhan hingga maksimal, Bandi pun tetap unggul sedetik di depan Chandra saat melindas garis finish.

Adu sprint antara Bandi dan Chandra benar-benar menunjukan sportifitas yang terjadi di antara kedua atlet nasional ini. Meski sama-sama berasal dari satu nama tim, MTB-M Polygon, mereka tetap bertarung sekuat tenaga untuk menjadi yang terbaik.

Women Open

Gelar ratu MTB XC nasional memang layak disandang Kusmawati Yazid. Untuk kesekian kalinya, atlet wanita kelahiran Ciamis - Jawa Barat ini tampil tak tertandingi dan merebut juara kelas Women Open XC Race Jatiluhur 2010. Sejak start hingga finish, ia terus melaju terdepan dan semakin konsisten memperlebar jarak. Alhasil selisih catatan waktu Kusma dengan pebalap kedua, Laelatus Saadah dari tim Sentosa Purwakarta, ketika menyentuh finish nyaris mendekati 5 menit.

Hasil lain yang cukup membanggakan terjadi pula dalam kelas Master A dan Senior Open. Martha Mufreni dari tim H4 Green Project Polygon tampil sebagai juara kedua kelas Master A, sementara Nenda Rohmat dari tim MTB-M Polygo juga merebut juara kedua Senior Open.

Race Result:

Men Elite - 8 laps

1. Bandi Sugito (MTB-M Polygon) 1:22:49
2. Chandra rafsanzani(MTB-M Polygon) 1:22:50
3. Dadi Nurcahyadi(MTB-M Polygon) 1:23:29
4. Fendi Saputra (Bagus Bike Tangerang) 1:29:42
5. Agus Suherlan (MTB-M Polygon) 1:34:22
6. Arief Rizka (Sinar Sentosa Purwakarta) 1:32:08

Women Open - 4 laps

1. Kusmawati Yazid (MTB-M Polygon) 35:01.00
2. Laelatus Saadah (Sentosa Purwakarta) 39:30.00
3. Diana Intan Purnamasari (BBC) 39.53.00

Senior Open - 6 laps

1. Lukman (GBC-Graha Biker Club) 1:00:30.123
2. Nenda Rohmat (MTB-M Polygon) 1:05:01.234
3. Risman (SBC-Sukabumi) 1:06:15.354
4. Susandi (SInar Sentosa Purwakarta) 1:07:05.675
5. Agus Jaelani Saputra (TRB) 1:08:00.328

Master A - 4 laps

1. Usman Marco (TRB) 48:59.904
2. Martha M (H4 Green Project Polygon) 50:25.259
3. Pangeran (Bagus Bike) 50:26.198
[polygoncycle.com]



0 komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini