Laman

Welcome!

Tips Mudik Pulang Kampung

Mudik, hal yang satu ini sudah menjadi ritual setiap tahunnya. Apalagi bagi para perantau (mudiker) mudik sudah menjadi keharusan agar bisa berlebaran di kampung halaman bersama keluarga. Inilah asyiknya berlebaran di negeri kita, selain ketupat yang khas, mudik juga telah menjadi ritual yang khas. Agar mudik Anda terasa nyaman dan aman, berikut ada beberapa tips dari rekan saya Dwi (Abu Razan), kebetulan beliau adalah mudiker juga.

Transportasi
Untuk mudik tentunya Anda membutuhkan trasportasi. Dalam hal ini yang pertama harus Anda persiapakan adalah memutuskan apakah akan melakukan perjalanan dengan kedaraan pribadi atau kendaraan umum.
Bagi Anda yang memilih melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi terutama motor berhati-hatilah gunakan selalu perlengkapan berkendara yang baik sesuai standar seperti helm. Bila Anda berboncengan ada baiknya pegangan yang erat, awas jangan sampai ketiduran.
"Contoh Perjalanan Mudik yang Salah (Jangan ditiru)"
Lihat jalan harus tetep "FOKUS" jangan meleng (BAHAYA) biar gak nabrak kendaraan lainnya, yang jelas tetap patuhi peraturan lalu-lintas.

Bagi Anda yang mudik lewat jalur pantura harus lebih berhati-hati karena jalur pantura masih banyak jalan yg bolong-bolong (waspada lah,,,waspada lah,,,)

 "Awas jangan salah milih jalur (bisa menyesal nanti)"
Bagi yg gemar bawa oleh-oleh (baek banget nih orang) disarankan jangan terlalu banyak bawaanya (OVER LOAD) (BERBAHAYA JUGA SIH).


Sedangkan bagi Anda yang memilih melakukan perjalanan dengan kendaraan umum sebaiknya segera memesan tiket jauh-jauh hari, setidaknya dua minggu sebelum hari H, kerena biasanya begitu mendekati Lebaran harga tiket melambung dua kali lipat, apalagi kalau sudah berurusan dengan calo dan yang pasti bakal gak kebagian tempat duduk. Penumpang angkutan umum harus antri mas apalagi kalo harus sampai bergelantungan di luar kendaraan (BERBAHAYA).
"Kalau gak kebagian tempat jangan maksa mbak!"


Siapkan Anggaran
Yang namanya mudik, biasanya membutuhkan dana lebih dari perkiraan. Nah...alangkah lebih baiknya jika Anda mempersiapkan keuangan. Jangan mentang-mentang dapat THR lantas membelanjakan semuanya, belilah yang betul-betul Anda butuhkan, ingat.... karena Lebaran kali ini jatuh di awal bulan, setelah lebaran masih harus menunggu satu bulan lagi terima gaji. Sebaiknya buat daftar kebutuhan Anda, untuk transportasi pulang-pergi, kebutuhan di kampung halaman dan hal-hal lain yang tak terduga, dan pikirkan juga anggaran untuk sebulan ke depan.

Siapkan Bekal Sendiri
Melakukan perjalanan jauh (kecuali dengan pesawat) pastinya Anda juga membutuhkan makan. Untuk penghematan sebaiknya bawa bekal sendiri. Buah-buahan bisa jadi bekal yang bagus untuk perjalanan panjang, selain serat yang mengenyangkan, buah juga menyediakan energi dan sejumlah gizi antioksidan sebagai penangkal kelelahan. Pilihlah buah yang praktis dan tidak repot memakannya.
Anda bisa juga membawa Snack, bahan-bahan sandwich atau burger atau roti tawar dan sejenisnya. Kalau dalam perjalanan Anda terjebak macet, dengan membawa bekal sendiri tak perlu repot mencari warung, selain tentunya juga hemat. Jangan lupa bawa serta obat-obatan sendiri, untuk persiapan di perjalanan.

Siapkan Uang Tunai Secukupnya 
Walau Anda memiliki ATM, tapi uang tunai tetap dibutuhkan, tapi sebaiknya bawa uang tunai secukupnya. Untuk menghindari copet, simpan di tempat yang berbeda.

"Awas Copet Slalu Berkeliaran (Gambar : Pakar Bisnis Online)"
Referensi:
* Dari berbagai sumber.
* www.kapanlagi.com


0 komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini